9 Orang Tewas di India akibat Longsor Batu Besar

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sembilan wisatawan tewas di India bagian barat setelah mobil yang mereka kendarai untuk bepergian terhantam batu besar yang jatuh. Tiga orang lain dilaporkan mengalami luka-luka akibat peristiwa ini, yang terjadi di negara bagian Himachal Pradesh pada hari Minggu (25/7).

Rekaman video yang diunggah di media sosial menunjukkan batu-batu besar berjatuhan dari puncak bukit ke arah sungai dan sebuah jembatan. Dalam sebuah video yang disebarkan di Twitter, batu-batu besar terlihat menghantam mobil-mobil yang sedang parkir dan menyebabkan jembatan roboh di distrik Kinnaur.

Menteri negara bagian Himachal Pradesh, Jairam Thakur, mendeskripsikan peristiwa tersebut sebagai "menyayat hati". Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan ia mendoakan semua keluarga yang terpengaruh dari peristiwa ini. Ia juga menambahkan orang-orang yang terdampak akan diberikan akses kepada dana bantuan pemerintah.

Thakur mengatakan operasi darurat sedang dilakukan untuk memberikan bantuan langsung kepada para korban.

Beberapa dari mereka yang tewas berasal dari ibukota Delhi dan sedang mengunjungi daerah wisata terkenal yaitu desa Chitkul. Masih belum jelas apa yang menyebabkan longsor batu, namun sebelumnya India sudah memperingatkan akan terjadi longsor karena hujan yang diprediksi akan turun sangat deras.